Sabtu, Februari 23, 2008

Mata Kuliah Kapita Selekta

Matakuliah Kapita Selekta Statistika (437H123) merupakan matakuliah yang disajikan pada semester akhir PRODI Statistika, dan merupakan matakuliah pilihan untuk mahasiswa pada PRODI ini. Matakuliah ini merupakan matakuliah yang disajikan kepada mahasiswa di PRODI ini untuk bisa mengikuti perkembangan jaman, dengan tujuan untuk memberikan wawasan, pola pikir Statistika yang sistematik dan kemampuan mengembangkan diri akan bidang Statistika, fenomena-fenomena aktual, model-model pengembangan terbaru, serta penerapan Statistika dalam Teknologi Informasi maupun dalam bidang Sains dan rekayasa. Untuk itu, maka materi perkulihan pada matakuliah ini disesuaikan dengan perkembangan Ilmu Statistika dari waktu ke waktu, serta informasi dan penemuan baru. Sehingga, mahasiswa yang mengambil matakuliah diharapkan telah menyelesaikan matakuliah-matakuliah semua matakuliah wajib dan dilengkapi matakuliah pilihan Semester 1-7 sesuai dengan kurikulum yang berlaku pada PRODI ini.
Fasilitator pembelajaran matakuliah ini merupakan suatu tim di bawah Koordinasi Bapak Drs. Alimin Bado, MS. Sedangkan anggota tim lainnya adalah : Andi Kresna Jaya, S.Si, M.Si; Sri Astuti Thamrin, M.Stat; dan Anisa, S.Si, M.Si. Tim fasilitator pembelajaran matakuliah ini dapat dihubungi di : Jurusan Matematika, Kampus UNHAS Tamalanrea Lantai 3, telepon : 0411-585643.
Materi pembelajaran matakuliah ini untuk Semester Akhir 2007/2008 akan difokuskan pada BAYESIAN STATISTIK, dimana tujuan akhir pembelajaran materi ini adalah bagaimana mahasiswa mampu untuk melakukan Analisis dan Pemodelan Statistika dengan Bayesian Statistik. Sehingga dalam proses pembelajaran matakuliah ini, materi akan dibagi dalam 3 rangkaian :
• Konsep Dasar Bayesian Statistik, yang mencakup prinsip dasar materi ini yang bermula dari Metode Bayes, kemudian uraian mengenai komponen penting dalam Bayesian Statistik, yaitu Prior dan Superior. Selanjutnya, pengertian Konsep Bayesian Statistik dalam Model Hirarki, yang merupakan model yang dikembangkan dari Model Linier yang Diperumum.
• Bantuan ke Pemodelan dengan Bayesian Statistik, yang secara teori dasarnya dikembangkan dari Proses Stokastik dan Model Markov, yang kemudian dikembangkan pada Hidden Markov Model dan Model Rantai Markov Monte Carlo (MCMC). Kemudian untuk pemahaman materi lebih baik, maka dalam rangkaian ini akan diberikan juga kajian software, yang akan fokus pada R-language, WINBUGS dan SAS versi 9.1.
• Pemodelan Bayesian Statistik, yang akan mencakup Model Regresi, Model-Model untuk Runtun Waktu, Model Spasial, Model-model untuk Survival, Model Epidemiologi, dan model-model lain yang bisa dikembangkan oleh mahasiswa.
Referensi yang digunakan dalam matakuliah ini bisa diperoleh dari berbagai sumber belajar, namun buku utama yang menjadi acuan adalah : Applied Bayesian Modelling by Peter Congdon (copy buku ini bisa dipinjam pada Perpustakaan Jurusan Matematika FMIPA UNHAS). Sedangkan beberapa referensi sebagai additional adalah : Introduction to Mathematical Statistics by Hogg & Craig, Stochastic Processes by Ross atau Parzen, Bayesian Methods by Carlin, Bayesian Data Analysis by Carlin, Bayesian Theory by Bernardo & Smith.
Model pembelajaran yang digunakan dalam matakuliah ini berdasarkan model Experiental Learning, dengan harapan mahasiswa bisa belajar mandiri sesuai paradigma baru yang dikembangkan di UNHAS yaitu Student Centered Learning (SCL). Dalam prosesnya, akan terdapat tahapan Experience dimana mahasiswa diharapkan bisa ‘mengalami sendiri’ melalui belajar dengan tekun, aktif mencari, dan eksis dalam diskusi dengan teman mahasiswa, sedangkan tahapan Learning adalah bagaimana mahasiswa belajar dari uraian dan arahan dari fasilitator pembelajaran, dan juga eksis dalam diskusi selama proses pembelajaran. Dan sebagai informasi tambahan, item penilaian fokus pada aktivitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, dan juga aktif menyelesaikan tugas yang diberikan dan mengupload melalui LMS Pembelajaran Matakuliah Kapita Selekta Statistika ini.
(http://10.0.1.7/lms/ akademik unhas jurusan matematika)

Selamat Datang Di Blog Ini... Mudah-Mudahan Bermafaat Buat Anda... Jika Belum Puas! Silahkan Berkunjung Lagi... Silahkan Tinggalkan Pesan, Kesan dan Saran Anda.... Terima Kasih Atas Kunjungannya.......
my stat Photobucket angkatan unhas Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket bhula Photobucket mukernas bhulla Photobucket bola2
Kembali lagi ke atas